Menulislah! Apa सजा`

Banyak orang yang mengatakan menulis itu susah. Jika anda bertanya pada saya, saya katakan tidak. Menulis merupakan sesuatu hal yang mudah dan mengasykkan. Mengapa saya mengatakan hal itu tanpa beban? Karena saya merasa semakin hidup ketika saat menulis. Bahkan saya dapat merasakan jauhnya kematian, Sungguh.

Stephen King pernah berkata dalam bukunya On Writing “menulis berarti menciptakan duniamu sendiri”. Jika kamu bertanya, Seperti Tuhan donk? Ya seperti Itulah. Itulah kelebihan seorang penulis.

Jika dalam benak saudara masih bertengger pikiran jika menulis itu susah, maka dibenak saudara tidak pernah muncul ide. Gak mungkin, karena setau saya, setiap manusia memiliki ide, gagasan, entahlah itu tentang apa saja. Nah, cobalah sedikit mengembangkan ide tersebut. Jangan disimpan-simpan saja, karena gak bakalan jadi jimat.

Ferdinan saya suka menulis, tapi teman-teman saya selalu menertawakan tulisan saya. heh, peduli amat. Pernahkah saudara membaca buku Ahmadi Sofyandy, dalam bukunya “Jangan Takut menulis’? dia mengatakan “Tidak ada karya yang jelek, tapi sungguh jelek jika tidak berkarya, dan lebih jelek lagi jika anda tidak berkarya, tapi menjelek-jelekkan karya orang lain.

Masalah saya lebih dari situ. Dulu senior saya mencaci maki tulisan saya, bahkan hingga merobek.“ini puisi jelek, sampai kapanpun gak bakalan di muat di media” tapi saya gak ambil pusing tentang itu, besoknya langsung saya kirim ke media, dua minggu kemudian langsung di muat. Nah begitulah saya menanggapi hal-hal yang sebenarnya bisa berdampak negatif buat kreatifitas menulis saya.

Nah, satu lagi, jika tulisan sobat tidak dimuat-muat di media masa. Jangan menyerah, belum tentu karya sobat jelek, mingkin belum saatnya saja. bayangin saja berapa karya yang masuk ke meja redaksi setiap minggunya. Kuncinya kenali media yang ingin sobat masuki, maka media itu akan menganal anda. Masih ingatkan pepatah yang mengatakan tak kenal maka tak sayang?” tapi saya sarankan buat pemula, cobalah tulisan anda, posting di blog dulu saja, supaya teman-teman blogger menilai karya sobat. Nah kekurangan-kekurangannya bisa sobat diperbaiki lagi. Berjalannya waktu, karya kita akan semakin matang, tidak menutup kemungkinan penerbit akan mendekati anda.

Nah, setelah lima paragraf yang saya uraikan diatas apakah sobat masih mengatakan menulis itu susah? Tergantung apa yang di tulis! Ok, jika sobat membaca judul postingan di atas. Pasti sobat tidak menjawab seperti itu, tapi seharusnya jawaban sobat adalah, TIDAK. Karena saya mengatakan tulislah apa saja, maksudnya apa yang anda tau. Jangan menulis hukum jika anda jurusan fisika. Atau menulis sejarah dunia jika anda jurusan akuntansi.

Tapi tunggu dulu, jika anda menguasai hal lain selain bidang anda, kenapa tidak? asalkan anda tau dan menguasainya, terlebih lagi mempelajari ulang. Mungkin demikian diskusi kita hari ini, sampai jumpa di postingan selanjutnya. Pesan saya “Menulislah! Supaya orang lain tau bahwa anda pernah ada.”

Salam Penulis 2009

Related Posts:

21 Responses to "Menulislah! Apa सजा`"

  1. Salam kenal,
    Betul sob, bagi ane menulis adalah hal yang menarik sekaligus mengisi unek-unek

    ReplyDelete
  2. setuju banget mas... menulis sekarang bagi saya tidaklah susah... yang susah itu jika mr M (males) tiba-tiba datang berkunjung... salam terkasih...

    ReplyDelete
  3. Salam kenal Admin, menulis memang butuh semangat yang tinggi...

    ReplyDelete
  4. bener banget tuh sob. menulis itu enak serasa muda terus

    ReplyDelete
  5. Vitamin bagus ni...biar tetap semangat untuk
    terus menulis...mau diterima atau gak yang jelas kita sudah tunjukkan karya kita...

    Terimakasih vitaminnya frend...

    ReplyDelete
  6. Yaa benar sekali belajar menulis bisa dari blog hehehe berbagi informasi dan share apa ajaaa!!

    ReplyDelete
  7. ya yang pasti menulis bukan lah suatu bakat...itu mnrt saya, sob.

    ReplyDelete
  8. 2juta dalam 3 hari beneran tah sob? mang pean dah pernah coba? he he

    ReplyDelete
  9. saya hoby menulis, tapi semua sebuah kisah terkadang realita,ya tepatnya diary sih,,
    tapi kadang juga fiksi.
    Menulis bagiku mengisi waktu luang untuk menghilangkan stress.

    ReplyDelete
  10. Ass.
    Kunjungan balik, Stuju banget sanak, wkwkwk
    *) sanak = sahabat

    ReplyDelete
  11. Walaupun itu salah..dan belajarlah Dari kesalahan..

    ReplyDelete
  12. setiap orang punya ide dan gaya penulisannya sendiri. ia merupakan suatu ciri atau identitas bagi mengenali penulis tersebut.
    dalam mengeluarkan pendapat kita dalam bentuk penulisan tiada had atau larangan.
    walau bagaimana pun kita sebagai penulis harus mempunyai kod etika sebagai seorang penulis sejati.
    jangan sesekali menyentuh hal yang terlarang seperti memfitnah, membuat tulisan tanpa bersandarkan bukti yang kukuh.
    seri doakan semoga sahabat berjaya mengharungi dua kontes tersebut.

    ReplyDelete
  13. ina sukanya nulis di Diary,...

    hahahahaha

    ReplyDelete
  14. yap...gw juga lagi nyoba nulis artikel yang menarik...
    thx..

    ReplyDelete
  15. s7 mas...

    pkok jgn terpengaruh omongan negatif orang

    ReplyDelete
  16. klo saya punya ide pada saat mood saya lagi baik. jadi saya harus kondisikan mood saya baik dulu barulah menulisnya lancar... makasih atas semangatnya...

    ReplyDelete