Mengenang Penyair WS Rendra

Mengenal WS Rendra berarti memahami kebaikan. Saya tidak pernah berkenalan langsung dengan beliau, tapi saya dapat menggapai isi hati, maksud, dan tujuan beliau. dengan sajak-sajak yang tulus, lantang dan selalu membela kaum yang lemah. Buat saya Itu sudah cukup untuk mengenal Penyair WS Rendra. Bagi saya beliau adalah sosok Chairil Anwar ke dua. hidup penuh perjuangan, hal itulah yang selalu ingin saya contoh dari sosok seorang penyair W.S. Rendra.

Saat mengetahui beliau meninggal pada Kamis (6/8/2009) sekitar pukul 22.00 WIB di RS Kelapa Mitra, Depok kemarin, saya tidak tau apakah kesedihan saya terlalu berlebihan, hingga air mata saya menetes, di depan televisi. Sungguh ini sebuah kesedihan yang mendalam, untuk melepas sosok pejuang itu.

Dukaku terlalu berat untuk melepasmu, namun untung aku telah sadar akan manusia, jika suatu saaat, akupun akan sama sepertimu. Untuk berserah kepadaNya. Pada titik terakhir kita tidak bisa mengelak, ya aku sadar akan itu. Tapi kalau aku boleh jujur, aku telah banyak belajar dari sajak-sajakmu, perjuanganmu dan ketulusanmu untuk selalu membela kaum yang lemah. Hal ini saya pahami ketika membaca Puisi beliau yang berjudul “Rakyat adalah Sumber Ilmu.” Menurut saya ini ditulis dari perpaduan perasaan dan pikiran yang tulus.

Aku juga telah sadar, jika debu bukanlah akhir hidup. Bukan juga persinggahan jiwa sementara, hanya raga, ya hanya raga. Dan jiwa akan menemukan dunia baru yang lebih sejuk dan damai.

Selamat jalan Pejuang, Selamat jalan Penyair, doaku selalu bersamamu. Semoga doaku berkenan dihatiNya.

Penulis: Ferdinaen Saragih

Related Posts:

7 Responses to "Mengenang Penyair WS Rendra"

  1. mungkin ada yang terpendam, tapi belum sempat terucapkan. di tuliskan saja di sini.. nanti jadi penyakit lo.,.,.,

    ReplyDelete
  2. ws rendra nyusul mbah surip tu kayak nya...

    ReplyDelete
  3. Selamat jalan seniorku... Karyamu akan tetap ku kenang.. Semoga arwahmu diterima disisi Nya. amin

    ReplyDelete
  4. FREE TEST BUAT UANG DALAM MASA 7HARI...bebaskan diri anda dari masalah UANG!!kami boleh!dan kami mampu!...kerana kami mempunyai segala TEKNIK yang telah terbukti keberkesanannya..INSYAALLAH!..mustahil anda GAGAL!!!!

    ReplyDelete
  5. Selamat jalan si burung merak....... karya mu akan tetap abadi didunia yang fana ini. semoga amal ibadah mu diterima........ SELAMAT JALAN

    ReplyDelete
  6. manusia hanya berencana, tapi Tuhan yang menentukan. Setiap yang bernyawa pasti akan kembali kepada Nya

    ReplyDelete
  7. Yang terpenting, karya-karya yang ditinggalkannya akan selalu diingat dan dipelajari...

    Jadi dia pergi dengan meninggalkan sesuatu yang berguna buat orang banyak

    ReplyDelete